Yayathieya
Selamat malam,,,
Keisengan di setiap malam, sambil menikmati secangkir kopi hangat dan ini saja sajikan khusus untuk kalian :)
'KOPI'
Selamat menikmati :)
Selain teh, kopi merupakan minuman paling dikenal umat manusia. Tak seorang pun yang tak mengenal kopi. Minuman ini sudah dikenal dimana-mana sejak ratusan tahun lalu. Begitu terkenalnya kopi sehingga muncul istilah “Coffee Break” atau “Rehat Kopi” pada setiap acara resmi seperti seminar, lokakarya, rapat, dll. Saat itu para tamu atau peserta beristirahat sejenak sambil menikmati kue-kue ditemani dengan segelas minuman kopi.


Minuman kopi dapat memberikan kebaikan bagi tubuh bila diminum dalam dosis / takaran yang wajar, namun dapat memberikan keburukan bagi tubuh bila diminum dalam dosis yang lebih.

Menurut para peneliti bahwa minum kopi sangat banyak manfaatnya asal sesuai takaran normalnya, yaitu 1-3 gelas dalam sehari semalam. Kalau diminum secara berlebihan, maka cepat atau lambat akan berdampak negatif bagi peminumnya. Sama halnya dengan minum vitamin, vitamin yang diminum sesuai dengan dosis yang dianjurkan, maka akan memberikan dampak positf bagi tubuh. Tetapi kalau diminum berlebihan dari dosisnya, maka tubuh akan terkena dampak negatifnya.

Kebaikan dan kejelekan kopi bagi kesehatan tubuh ditentukan oleh kafein yang dikandungnya dan kondisi tubuh ketika menikmatinya. Kafein merupakan zat alami yang terdapat dalam kopi yang bermanfaat merangsang kerja saraf pusat, memicu detak jantung & aliran darah serta meredam rasa kantuk. Kafein mempunyai pengaruh yang berbeda bagi setiap orang. Kafein juga terdapat dalam berbagai minuman hasil olahan pabrik seperti Coca cola, Pepsi & aneka minuman suplemen energi, karena ditambah secara “sengaja” dalam proses pembuatannya. Namun demikian alangkah baiknya kalau mengkomsumsi kafein secara normal & alami (Back to Nature). Dewasa ini hampir semua orang telah menyadari betapa pentingnya bahan-bahan makanan dan vitamin yang dikomsumsi secara alami.

Dari berbagai sumber, minuman kopi dalam takaran normal mempunyai manfaat positif, seperti:

1. Menurut analisis kedokteran, dalam kopi terdapat sejenis senyawa kimia Xantin. Derivat senyawa ini meliputi Kafein, Teofilin, & Teobromin. Namun, kopi hanya mengandung Kafein. Sedang Teofilin terdapat dalam teh, sementara Teobromin dalam coklat. Kafein ternyata dapat menimbulkan perangsangan terhadap susunan saraf pusat (otak), sistem pernapasan, dan sistem pembuluh darah dan jantung. Bahkan senyawa Xantin dalam dosis rendah mampu merangsang susunan saraf yang sedang depresi/stress, misalnya akibat penyalahgunaan narkoba, kecanduan alkohol atau perokok berat. Sebab itu tak heran setiap minum kopi dalam dosis “normal” (1-3 gelas sehari), tubuh kita terasa segar, bergairah, daya pikir lebih cepat, tidak mudah lelah atau mengantuk.
2. Kafein membantu anda untuk bisa berpikir lebih cepat, karena kopi dapat merangsang banyak darah dalam otak yang dapat mengatur tetap terjaga, mood, & konsentrasi. Penelitian di Universitas Arizona ditemukan bahwa orang dewasa yang minum kopi sebelum test memori mengalami perkembangan yang signifikan dibanding mereka yang tidak minum kopi. Sehingga sangat baik minum kopi bagi orang-orang yang belajar ilmu Sosial atau menghapal. Minumlah sekitar 30 menit sebelum aktifitas belajar atau menghapal dimulai. Atau sebelum anda melakukan wawancara pekerjaan atau memberikan presentasi pada atasan.
3. Menurut laporan yang diterbitkan majalah “Ilmu Penyakit Lambung & Usus” USA, dua peneliti asal Swedia menjelaskan bahwa dengan dua gelas kopi sehari dapat menurunkan 43% resiko penyakit kanker hati, dan menurut kedokteran nasional, hal tersebut memungkinkan.
4. Dari hasil penelitian dewasa ini diperoleh data yang menyebutkan bahwa ternyata kopi juga memiliki efek terapi, sehingga tidaklah mengherankan kalau kopi sudah banyak yang dijadikan bedak lulur badan bagi kaum hawa. Bahkan kopi ternyata dapat menetralisasi asam lemak dalam darah.
5. Menurut peneliti Seimur Diamond, M,D., dari Chicago’s Diamond Headache Clinic, bahwa penderita Migrain (sakit kepala sebelah) dalam kategori ringan dapat disembuhkan dengan segelas kopi hangat.
6. Penyakit Parkinson (penyakit saraf) sangat jarang ditemukan pada orang yang minum kopi secara teratur (sesuai dosis normal). Sebuah riset menyimpulkan penyakit ini justru banyak ditemukan pada orang-orang yang tidak minum kopi.
7. Minum kopi mampu meningkatkan kesuburan kaum pria & dapat membuat sperma “berenang” lebih cepat. Hal ini diumumkan para ilmuwan Brazil dalam pertemuan “American Society for Reproductive Medicine” di San Antonio, dimana pembicaraan utama berkisar pada efek obat-obatan terhadap kesuburan kaum pria.
8. Hasil penelitian yang dibuat Harvard School of Public Health menunjukkan bahwa kopi dapat mengurangi berbagai penyakit seperti kanker usus, sirosis hati, Parkinson (saraf) & diabetes. Bahkan gairah seks peminum kopi juga lebih tinggi dibanding yang bukan peminum, karena kopi memberi efek penambah energi dan memperlancar darah.
9. Menurut kepala tim peneliti Prof. Joe Vison dari Scranton University di Pensylvania, AS, kafein dalam kopi dapat menangkal radikal bebas (anti oxidant) & dapat menghancurkan molekul yang dapat merusak sel DNA.

Manfaat lain dari kopi, yaitu ampas kopi yang sudah diminum hendaknya jangan dibuang, sebab dapat dijadikan pupuk tanaman pot. Namun ampas kopi ini tidak dapat dijadikan pupuk bagi tanaman anggrek dan kaktus. Selain itu bubuk kopi asli dapat dipakai sebagai obat pertolongan pertama pada luka ringan yang mengeluarkan darah dari hewan kesayangan anda.

Bagaimana nikmat kan kopi nya ??


0 Responses

Posting Komentar