Yayathieya
Ini kisahku, pengalaman dalam hidupku. :)

8 Maret 2012 Jam 9 Pagi
Hari itu aku mendapat panggilan tes kerja di Kantor Akuntan Publik (KAP) di daerah Jakarta Pusat. Saat itu akui melamar kerja untuk posisi menjadi Auditor. Ini yang kumau, suatu kerjaan yanng sejalan dengan jurusanku. Aku mengingikan hal ini, namun aku tau sampai mana batas kemampuanku, sampai mana batas pengetahuanku tentang posisi ini bahkan mungkin NOL. Tapi aku ingin sekali mencobanya, ingin bahkan sangat ingin. Oleh karena itulah aku mencoba memberanikan diri untuk meminta izin kepada bosku, maklum saja aku saat ini juga masih bekerja jadi saat itu aku minta izin untuk masuk siang dan syukur alhamdulillah bosku mengijinkannya. 

Sesaat setelah sampai di KAP tersebut aku disuruh menunggu. Saat itu aku bersama kekasiku yang sama-sama melamar dalam posisi kerja yang sama dan bersama satu orang yang tak kukenal yang sama seperti kami. 

Saatnya Test.
Terdiri dari 11 soal, 10 soal akuntansi essay dan 1 soal Jurnal dan soal-soal tersebut menggunakan BAHASA INGGRIS. "Ya Allah, soal akuntansi pakai BAHASA INGGRIS, mana kupaham...akuntansi yang biasapun aku saja belum paham dan ini semua pakai bahasa asing......????" Dalam waktu 90 menit soal itu harus dikerjakan. Jujur saja aku tak tau harus mengisi apa, aku tak paham dan tak mengerti tentang tes ini. Akupun PASRAH, mengisi sebisanya tapi tetap tak bisa... kuisi saja yang penting tidak kosong sama sekali...heheheh
Dengan keterbatasan ilmu yang kumiliki aku tetap mencobanya, tapi aku tau saat itu aku sedang mempermalukan diriku sendiri. "Lihat tya, kau ini sedang mempermalukan dirimu sendiri...."
Aku tau, aku tak bisa....
Sebisaku dan akhirnya,,,,
Aku tau batas kemampuannku, sempat melihat kearah sebelah, kearah orang yang tak kukenal... "Subhanallah dia hebat sekali bisa banyak menjawab soal-soal tersebut..."
90 menit sudah dan akupun MENYERAH... !!!
Dan entahlah sebelum aku mengumpulkannya, pada lembar terakhir dengan kemampuan bahasa inggrisku yang masih terbata-bata, aku menulis kata-kata tersebut,

"I DON'T UNDERSTAND FROM THIS TEST, BUT I WANT TO STUDY TO BE AUDITOR, THANK YOU...^_^"

Dan aku pun mengumpulkannya, dan mereka berkata, "oke terima kasih nanti jika lulus kami akan segera menghubungi anda.."

Saat itu aku berfikir, aku memang telah mempermalukan diriku sendiri namun setidaknya aku telah jujur kepada dirikku dan kepada orang lain.

Dan hari ini, pukul 10 pagi aku mendapat telpon dari KAP tersebut dan itu menyatakan aku telah LULUS tesnya. Kini pertanyaanku, apa mungkin karena tulisan yang kubuat pada lembaran terakhir, itu yang membuatku lulus tes...???

I DONT KNOW



Label: edit post
11 Responses
  1. Anonim Says:

    hahaha Tya, lalu apa kamu akhirnya bekerja disitu?
    mungkin tes itu hanya sekedar formalitas saja
    karena biasanya KAP yang belum memiliki afiliasi dari luar tidak terlalu selektif dalam merekrut calon auditor
    toh, nantinya akan diajari dan dilatih lagi oleh yang auditor :D
    tapi harus siap mental ;)
    semangat tya! :D


  2. _"Tya"_ Says:

    hamdallah sekarang malah menjadi mahasiswa dan pengusaha muda hohohoh


  3. Maissya Star Says:

    lucuuu kisahnya... lanjutannya donk


  4. fan Says:

    Ada soal lanjutannya ga?buat test KAP nihh. Kemarin smpt gagal and brantakan tpi soalnya g gitu full about finance report...


  5. Masya Allah ka tya.. sukses yaa ;) pengen jadi auditor juga deh. tapi masih sadar akan kemanpuan diri yang masih nol.


  6. post pengalaman pertama jadi auditor dong kak, semua serbaserbi yang di rasa saat belajar dan di bimbing sama senior-seniornya. :)


  7. Fajri Says:

    Wah sist ane bsok tes d kap jg nih ..
    Kira" bsa gx ya ane pke cara sist yg d atas ..
    hahaha ..
    kmampuan ane yh gx jauh beda jg sih sma sist gtu .. T_T


  8. Nico Bucks Says:

    lucu banget, sampe ane ketawa ngikik baca post ente :D


  9. aiela senyum Says:

    Boleh nih tips^nya. Ragu2 sih tp lihat lju mb tya jd yakin hehe


  10. aiela senyum Says:

    Boleh nih tips^nya. Ragu2 sih tp lihat lju mb tya jd yakin hehe


  11. wah, boleh jga tu tipsnya, besok saya jg tes di KAP batam, tesnya bhs inggris dan soal akuntan, pdhl saya jurusan teknik komputer,, sya ikutin mbak tya aj deh,,heheee


Posting Komentar